Senin, 21 September 2015

Nge Bolang Malang-Bromo

 Gagal Move On dari Malang & Bromo dan inilah kenangan dari Nge Bolang tahun lalu.Bermula dari sebuah hobby merencanakan perjalanan tapi gk pernah jalan-jalan.Hampir semua tempat wisata sudah pernah disinggahi “dalam mimpi dan impian pastinya” .September  ceriiaaaa yang hampir usai akhirnya diakhiri dengan benar benar ceriiiiiiyaaaaaa ^_^ .Perjalanan singkat mengejar dan di kejar waktu dari Jogja Ku Ke Malang lalu Ke Bromo. Bulan yang menyedihkan tak seceria lagunya.Dimana percetakan sepertinya kehabisan tinta merah untuk cetak kalendernya.Tintanya Cuma cukup untuk merahin di hari minggu doang.Dengan situasi dan kondisi seperti ini mau bagaimana lagi kita hanya bias pasrah dengan takdir “halah mulai mendramatisir “.Hanya perjalanan singkatlah yang bisa dilakukan.Untung saja kerja hanya 5 hari dalam seminggu lumayannlah ya dapat 2 hari libur.
September ceria yang hampir usai dan dsini para  org yang sok sibuk dengan kerjaan “kerjaan pling gossip sama ngeluh sama kerjaan “ yang kurang piknik punya rencana perjalanan dari  sana sono dan akhirnya sampe kesini lagi “hoby merencanakan perjalanan tapi gk jalan2”. Setelah tanya-tanya mbah google untuk ngepoin blog2 para traveler ataupun bacpaker ataupun turis atau siapapun itulah ya namannya pokokny org2 yang pada suka jalan-jalan.Akhirnya kepengen juga tu berangkat ke Bromo .Dilihat dari data dari mbah google punya sich tempatnya kece keren sering nongol ditipi juga sich famous lah ya kata org bilang.Tapi kata org bilang mahal sampe ke Bromo karena akses harus pake inilah nyewa itulah.Tapi Setelah baca sana bca sni berlagak kyk org suka baca biasnya mending melototin org ganteng di drama korea,sepertinya tak semahal apa kata orang bilang “liburan itu yg murah aja yg penting asik ” prinsip atau ngirit.Hahahhaha
Untuk nyampe ke Bromo untuk rute yang terdekat adalah dari Probolinggo ,untuk ke Probolinggo dari jogja dapat ditempuh dengan kereta ataupun bus. Tapi karena aku itu punya penyakit turunan untuk perjalanan jauh dengan kendaraan beroda empat atau lebih dari si mbok nya tercinta yaitu mabok jadinya kalau jalan2 naik bis belum jadi naek bis dah pusing duluan ”gimana coba suka jalan2 tapi mabok angkutan”.Akhinya lihat jadwal kereta dari jogja ke Probolinggo. Dari pantauan agen tiket on line sich ada 2 kereta dari jogja sampe ke probolinggo tarif 50 ribu murah meriah oi…tapi untk jadwalny kerata berangkat pagi dan nyampe probolinggo sore,itupun kalau gk pake ngaret biasanya lah nya kereta ekonomi kan selalu baik hati selalu memeberi kesempatan utk si bisnis dan si eksekutif jalan duluan.Itu berarti  kemungkinan sampe probolinggo dah sore belum dari stasiun ke terminal trus ke bromonya.trus untuk kereta baliknya dari probolinggo ke jogja jadwalnya juga siang hari jadi dari bromo pagi harus sudah siap2 ke stasiun lagi kalau gk mau ketinggalan kereta.so di bromonya kekurangan waktu habis dijlalan doank siaaa…siaaaaa…aaaahhh….rencana jadi rencana lagi dah….hobi oh hobi.
Temend ada yang usul kalo nyari perjalanan malam aj kemalang dulu baru ke bromo jadi gk sia-sia udah sampe timur sono.Dan akhirnya tanya mbah google lagi jadi kepoers lagi.Untuk kereta dari jogja ke malang adanya bisnis Malioboro express untuk harga tiket kisaran dari 90 ribu sampe 200 an dan jadwalnya malam sampe malang pagi.Wiiih senengnya lumayanlahnya sampe malang 90 ribu berangkat malam juga. Tapi stelah mencari-cari dipenjualan tiket on line untuk tiket dengan harga 90ribu untuk akhir minggu sudah ludes semuany harga yg pling murang yg tersedia 150 ribu haaa koq bias…”takdir kali ya “ ,Urunkan niat lagi dahhh…hobi oh hobi merencanakan perjalanan dan gk jalan-jalan.
Sepertinya saya sudah terobsesi dengan malang dan bromo gk bias berhenti ngepoin blog2 dan berhenti tanya pada mbah google “blog mungkin udah sebel ak kepoin dah mbah google mungkin juga sudah bosan ak tanyain”. Dan akhirya dapatlah jadwal kereta ekonomi gaya baru malam dari jogja ke sby dgn tarif 55 ribu dan kerata executive  Surabaya ke malang 30 ribu jadi jogja ke malang 85 ribu  saja.Aseeeeek akhirny dapat pencerahan juga terima kasih yang Allah kau tunjukan jalan yang terbaik dan termurah pastinya…hihihihihi.Dan akhirnya deal kita berempat dari  geng rempong …eh geng boongan atau geng beneran yak genk nekad bner kali yaaa……Naek kereta dari Jogja ke Surabaya lalu ke malang untuk menyelesaikan misi pertama perjalanan ke Timur.
Dan akhirnya kita tentukan tanggal untuk pergi bolang tgl 26 September 2014 berangkat dari jogja.Dan tgl 28 September balek lagi ke jogja. Dan kita putuskan untuk naek kereta yang benar2 murah meriah dan nyaman dari segala pilihan untuk perjalanan jarak jauh .Untuk berangkat kita pilih kereta Gaya Baru Malam  Berangkat dari Stasiun Lempuyangan Jumat, 26 Sep 2014 ; 19:23 wib dan tiba di Surabaya gubeng baru Sabtu, 27 sep 2014 ,00 : 55 wib dengan harga Rp 55.000,-.Kemudian dari Surabaya Gubeng dilanjut dengan Kereta Eksekutif Bima berangkat Sabtu ,27 sep 2014 ; 06:00 wib dan tiba di Malang Sabtu,27 sep 2014;08:03 wib dengan harga Rp. 30.000,-. Dan untuk pulang kita beli sekalian tiket kereta dari Stasiun Probolinggo – Lempuyangan, dari probolinggo berangkat Mingu,28 sep 2014 ; 11:04 wib dan tiba di lempuyangan Minggu, 28 Sep 2014; 19 :00 wib dengan harga Rp. 50.000,-.Murah bingiiiiztttt kan untuk PP dari jogja Malang Probolinggo cukup dengan Rp. 135.000 ,- saja. Untuk tiket kita beli 4 hari sebelum keberangkatan tepatnya di hari senin 22 september 2014.Dari kantor kita bergegas ke Stasiun Lempuyangan untuk beli tiket .Setengah lima kita cap cus langsung ke stasiun sampe stasiun sekitar jam 5 an kurang dikit kali yaa.Dan disitu kita ambil no. antrian untuk beli tiket dan teryata dapat antrian no 280 sedangkan yang dipanggil baru sekitar no. 170an alamak dapat giliran jam berapa ini nunggu 100 org lagi.Benar-bener dari terang benderang hingga gelap gulit masih setia menunggu di depan loket dan suasana pun mendramatisir dengan listrik padam padahal belum dapat tiket.Detik demi detik telah berjalan menit demi menit telah terlewati dan jam pun telah berganti dan dengan 2 kali lampu padam akhirnya tiba juga di urutan 280. 1 org 3 tiket karena kita berangkat berempat jadinya selusin tiket kita bawa pulang tak sia-sia dah ya nunggu lama.
"penampakan tiket yang sepanjang gerbong kereta"
Tiket sudah ditangan tinggal menunggu hari H saja untuk menyelesaikan misi perjalanan ke Timur .Aseeek…..aseeek akhirnya tak hanya menjadi sebuah rencana saja.”dream come true”
Sambil menunggu Hari H untuk berangkat tak lupa jadi kepoers lagi untuk nge fix in angkutan2 plus info2 tempat wisata yang akan dikunjungi walaupun sebelum beli tiket sudah searcing2 sich tapi tak ada salahnya untuk matengin rencana.Untuk di malang kita putuskan untuk ke Selecta.Selecta adalah taman bunga yang ada di Batu Malang sepertinya masih deket2 dengan BNS dan Jatim Park.Habis itu dari selecta kita lanjutkan perjalanan ke Probolinggo dengan naik Patas.Untuk info yang di dapat lumayanlah komplite sampe rasanya sudah sampe malang sampe probolinggo hafal dach sama jalan-jalannya.Cuma waktu perjalanannya belum tahu kepastianya jadinya masih was-was sampe2 ke bawa mimpi.
Teng…….teng…..teng….akhirnya hari yang dinanti-nanti tiba juga Jumat 26 September 2014 sebuah perjalanan mengejar dan dikejar waktu dimulai di hari ini ^_^. Perjalanan Kilat ini benar-benar penuh keseruan dan keberuntungan.Untuk keberangkat ke timur kita janjian untuk kumpul di stasiun lempunyangan jam 18.30 jauh-jauh sebelum jadwal kereta berangkat. Kareta si kereta ini tak mau menunggu maunya di tunggu.Kalau kereta yang telat kita wajib nunggu sedangkan kalau kita yang telat….daaaa…..daaaa…byee…byeee….gk jadi berangkat dah. Setelah kita berempat “ Meti,Tias ,Wahyu ,dan Ak” berkumpul akhirnya kita masuk ke stasiun duduk di tepi rel karena stasiun di waktu itu lumayan rame tempat duduk diruang tunggu penuh .Dan disini tiba saanya kita Nunggu Si Gaya Baru Malam untuk mengantar kita sampe Ke Sby.
 Dan teryata si kreta yang di tunggu tak kunjung datang .Bisa dibilang biasa kalinya molor bin ngaret. Tapi memang itulah yg di inginkan karena jadwal tiba di sby jam 00: 55 sedangkan untuk kereta ke Malang jadwalnya jam 06:00  kalau kereta ngaret nanti nungguny di sby gk kelamaan.”Boleh dibilang Kereta Ngaret adalah Keberuntungan Pertama”Setelah menunggu hampir satu setengah jaman akhirnya kereta yang di tunggu datang juga.Dan akhirnya naek kerata api tuuut…tuuuut…siapa hendak turut dari Jogja Surabaya terus ke Malang. Di Kereta teryata kita segerbong dengan Bule kalau liat bawaanya nich bule komplite bener tasnya aja gede banget trus masih bawa tas kecil Dan teryata isinya adalah bantal.Niat bener nich bule mau tidur di kereta kalau ak mah males badai bawa bantal berat2in bawan aja yang ada badanku makin mengecil.Tapi kalau dirasa-rasa berguna juga itu bantal karena walaupun untuk keretanya sudah pake AC tapi tempat duduknya bias dibilang keras kelamaan disini ambienku bias kumat kali yak…hahaha.Dan teryata karena sudah kepikiran perjalanan ini nanti naik angkot dan harus ganti-ganti di kereta rasanya sudah mulai pusing.Hadeew gk banget lah ya kalau ak nanti mabok di kereta.Bau Pop Mie yang biasany menggoda jadinya enek dan membuat makin mual.Tapi untung saja masih bias nahan. Setiap kali kereta berhenti bertanya-tanya ini sudah nyampe mana karena kereta molor jadinya gk sama dengan yang tertulis di jadwal kereta tapi gk usah kawatir kalau nanti kelewtan turun di stasiun karena Stasiun Surabaya Gubeng adalah pemberhentian terakhir Kereta Gaya Baru Malam. Jadi nanti kalau semua penumpang pada turun ikutlah turun kalau penumpang belum turun semua janganlah turun.Inilah untungnya turun di pemberhentian terakhir jadinya gk was-was nanti kelewatan.Setelah kurang lebih 5 jam berjalan di atas rel akhirnya kereta jam 2: 31 sampai juga di Surabaya Gubeng.Rencananya sich gk keluar stasiun karena nanti lanjut dengan kereta Bima dari stasiun Gubeng Juga.tapi waktu jeprat-jepret disamperin sama petugas stasiun katanya disuruh segera keluar karena pintu keluar akan segera ditutup.Dan kita bilang kalau mau naik kereta lagi dan katanya oya ditunggu diruang tunggu nanti Jam 04:00 keretanya baru datang.Dan akhirnya kita berjalan keluar dan  nunggu kyk orang ilang didepan stasiun.Setelah capek jadi org ilang dan kaki sudah mulai bentol2 digigit nyamuk akhirnya kita bergegas nyari kamar mandi,rencanya awalnya sich mau mandi di stasiun tapi teryata di stasiun dilarang mandi jadinya kita Cuma sikat gigi sama cuci muka trus ganti baju.Wkakakkakakaka walupun gk mandi tetep wangki koq yaaa.Jam 04:00 kereta sudah sampai distasiun tapi kita putuskan untuk naik kereta nanti jam 05:30 aja karena kereta berangkat jam 06:00 nanti kelamaan di dalam kereta.Ak juga masih enek sich sebenernya walaupun dah agak mendingan setelah pakai minyak.
"Surabaya Gubeng Waktu 02:31 Dini Hari"
Jam sudah menunjukan 05 :30 akhirnya kita check in dan masuk kereta.Untuk Bima kita dapat tempat duduk di gerbong satu,artinya itu gerbong paling ujung ngalamat olahraga pagi jalan kaki lumayanlah ya kalau 100 meter ada dari tempat check in sampe gerbong pertama.Nyampe di Gerbong keadanya beda bagaikan langit dan bumi dengan kereta sebelumnya “lebay”.Karena ini kereta eksekutif jadinya beda jauhlah ya sama ekonomi.Dan pertama kalinya juga naik kereta eksekutif jadinya boleh dibilang agak ndeso berada di kereta ini hahahhaha.Tau begini dari dari jogja naik kereta kyk begini lha 55 ribu keretanya duduk berhadap-hadapan tempat duduknya pun keras.Ini 30 ribu tempat duduk empuk ada tipinya pula.Boleh sich naik kereta bima dari jogja tapi nambah aja sekitar 200 atau 300 ribu kalau week end 350 ribu kali ya…wkakakkakakakakka.Di Perjalanan dengan kereta bima kita bias lihat penampakan di pinggir rel kereta dimana panampakan ini gk kelihatan dimalam hari karena gelap.Penampakan ini adalah keadaan sekitar rel bangunan-bangunan ataupun tanggul lumpur lapindo juga bias kita lihat dari dalam kereta.karena kursi yang begitu empuk dan keadaan kereta yg nyaman dan ditambah factor karena kecapekan semalem di kereta dan tidur tak nyenyak.Mata ini rasanya tak kuat lagi untuk terbuka.Tapi ketika mata tertututp dan bermimpi dan tiba-tiba terbangun lihat pemandangan sekitar deretan gunung entah gunung ap dan hamparan sawah yang benar-benar indah dipandang mata,rasanya bener-bener gk rela kalo mata ini tertutup.Setelah 2 jam perjalanan akhinya sampe juga kita di Stasiun Malang.
"Stasiun Malang dari dalam Angkot AL"
Sabtu , 27 September 2014 petualang mengejar dan di kejar waktu di mulai karena Berdasarkan info yang ku dapat sebelumnya untuk menuju ke selecta di kawasan Batu Malang dari Stasiun Malang kita harus naik angkot sebanyak tiga kali.Dan memakan waktu sekitar 1,5 jam – 2 jam tergantung dengan tingkat kemacetan jalan dan lama angkot nge time. Untuk nama angkot di kota malang biasanya menunjukan rute nya.Seperti AL ( Ajosari – Landungsari).Dari stasiun malang kita cari angkot AL/ADL untuk menuju ke Landungsari,kemudian dari Landungsari kita cari angkot BL untuk menuju ke terminal Batu dari Batu kita cari angkot BSS untuk menuju ke selecta.Kebayangkan tuh ribetnya mau ke selecta sama waktu yang mepet untuk segera mengejar bis yang ke Probolinggo.
Selamat pagi malang akhirnya untuk pertama kalinya menginjakan kaki di kota Malang 08 : 05 kereta Bima berhenti di stasiun malang stasiun ini adalah tujuan akhir dari kereta Bima jadi jangan kawatir kalau kelewatan berhenti di stasiun kalau penumpang dah turun semua ikutan turun aja.Setelah turun dari kereta kita bergegas untuk segera keluar dari stasiun dan mencari angkot sesuai dengan kode yang telah kita google sebelumnya.Tapi baru keluar dari stasiun ramenya minta ampun dan banyak bpk2 yang nawarin jasa taxi ataupun jasa mobil cater.Sekilas terpikir ap naik taxi aja biar nyampe ke selecta cepet gk makan banyak waktu.iya sich mungkin gk banyak makan waktu tapi banyak makan uang.Bpk2 nya nawarin 150 ribu sampai selecta kalau nyampe batu sekitar 100 ribu kurang jelas juga ini per org atau per taxi per cateran.inimah namanya pemborosan dana  karena tarifnya kalu itu perorang berarati 4 x naek angkot kalau berempat berarti 2 x naek angkot.Akhirnya tetep naek angkot aja tapi agak kebingungan karena didepan stasiun gk keliatan tu angkot AL/ADL dan begitu banyak mobil ataupun taxi.Sebelum berangkat sempat nanya sama temen katanya angkot AL/ADL nyebrang jalan dulu tapi dia juga lupa2 ingat karena sudah lama.Dan akhirnya kita nyebrang jalan terus nyari2 angkot yang warnanya biru muda dengan tulisan AL/ADL karena banyak angkot dsna sempat berpikir kalau angkotnya gk ada.tapi akhirnnya ketemu jga tu angkot dengan tulisan ADL dan didalamnya belum ada org jadinya kita nunggu dulu dah ikutan nge time angkot lumayanlah ya kalau 15 menit ada. Sekitar jam 8:25 akhirnya angkot ini jalan juga keuntungan naek angkot adalah dengan ongkos 4 Ribu rupiah saja kita keliling kota Malang.Angkot ADL ini melewati kampus-kampus di kota malang.Untuk angkot ini ngetimenya memang lumayan lama karena nunggu angkot penuh tapi untuk jalannya lumayan cepet. Pukul 08 : 45 kita sudah nyampe di terminal Landungsari angkot ini gk masuk terminal jadinya kita jalan lumayan kalau 200 meter ada.Sekitar berjalan sekitar 3 menit akhirnya nyampe juga di dalam terminal Landungsari.  
"Terminal Landungsari"
  Di Stasiun Landungsari kita mampir bentar ke Toilet Umum kemudian kita cari angkot dengan jurusan ke Terminal batu.Angkot ini dengan kode BL dan berwarna ungu lebih mudah nyari warnanya sich daripada tulisannya untuk ongkosnya masih sama 4 ribu rupiah saja.Angkot pun ditemukan dan lagi2 kita ngetime dulu menunggu dan menunggu sampai angkot penuh.Tak berapa lama angkot pun penuh dan perjalanan menuju selecta kita lanjutkan.Untuk angkot yang menuju Batu untuk perjalannya lebih lama dari pada angkot yang dari Stasiun Malang ke Landungsari.Pak Sopir angkot BL ini begitu baik karena pak sopir tahu kita mau ke selecta pas sudah nyampe di Terminal Batu pak sopir ngasih tips naeknya dari luar saja dideket pasar jadi nunggu nge time nya gk lama.Pak sopir yang baik hati pun mengantar kita ke angkot warna orange yang lagi nge time dideket pasar.memang gk nunggu lama tapi angkot ini sudah penuh sesak tak berapa lama setelah didalam angkot,angkot pun mulai berjalan.Angkot ini berjalan cukup cepet tapi benar2 penuh sesak lagi rezekinya pak sopir di sepanjang jalan banyak penumpang yang naik turun.Sebenernya ada satu kawatiran naek angkot ini karena belum pernah ke kota malang jadinya gk tau jarak yang dituju dan tidak tahu letaknya dimana entah sudah lewat atau belum.Jadi jangan malu-malu untuk bertanya ke pak sopir atau dengan penumpang yang lain di dalam angkot.Karena ini di malang jadi untuk bahasa enggak terlalu kena roaming walaupun logatnya beda tapi kata-katanya hampir sama dengan kata-kata org jogja.Disini sempat bertanya sama mb2 yang ada di dalam angkot selcta masih jauh gk.Kata mbnya sich masih lumayan jauh trus dia malah ngasih info kalau diselecta itu ada ap aj.Tumben juga sich ak bias menikamati perjalanan di dalam angkot walaupun penuh sesak begini karena tak merasa enek ataupun pusing mungkin kerena angkot ini tak ber AC dan didalam angkot kena angin sepoi-sepoi dari jendela dan untuk jalanan ke selecta tak begitu menanjak ataupun berkelok walaupun katanya Selecta itu ada di dataran tinggi.Setelah sekian lama berada di dalam angkot yang penuh sesak akhirnya tiba juga di pintu masuk Selecta. 
"Setelah perjalanan panjang akhirnya Selecta di depan mata"
Jam 10 : 05 akhirnya setelah 2 kali naek kereta dan 3 kali naek angkot akhirnya nyampe di Selecta juga.Untuk tiket masuk selecta bias kita beli disni seharga 20.000. 
"Tiket Masuk Selecta September 2014"
Dari pintu masuk selecta kita harus berolahraga pagi lagi dengan jalan kira-kira 500 meter.Setelah kaki lumayan pegel kita akan di sambut sebuah patung yang bertulisan selecta yang di bawahnya berupa aquarium yang lumayan besar.
"Genk Beneran Siap Jelajah Selecta"
Dari sini kita tinggal pilih mau ke kolam renang atau tanam bunga.Karena tujuan dari jogja pengen liat bunga-bunga jadinya kita langsung menuju ke taman bunga.Langsung tapi tidak cepat kita mampir sna mampir sini jeprat jepret di setiap sudut jalan.Walau cuaca yang panas dan menyengat tak menyurutkan niat kami untuk bernarsis ria.Jepret ini jepret itu kamera sini kamera sono walaupun hasilnya hampir sama saja….wkakakkakakakka yang penting hepi. 




         Teng….teng…teng….jam menunjukan pukul 12 siang ini tanda Cinderella harus segera meninggalkan taman bunga selecta untuk mengejar angkot pergi ke bromo bertemu dengan ciptaan tuhan yang tentu saja gk kalah indahnya dengan bunga bunga di selecta.Kita kembali naik Angkot yang kita naiki tadi dari Stasiun Sampai Selecta dari terminal ke terminal sampai berakhir ke terminal terakhir Ke Ajosari.Dari terminal Ajosari kita cari bis Antar kota Malang – Probolinggo tujuan terminal Banyu Angga Probolinggo.
Sampai di terminal Probolinggo sudah lumayan sore karena jarak tempuh malang probolinggo sekitar 3 jam.Di terminal ini kita sempat bingung nyari angkutan yang namannya elf/bison karena saya gagal paham dengan artikel yg pernah saya googling.Sempat tanya pada bapak2 di dalam terminal dan beliau Cuma bilang keluar dulu saja dari terminal nanti di sana biasanya ngetime.Dan akhirnya kita berjalan ke luar terminal dan tengok kanan tengok kiri mencari-cari sebuah angkutan yang di maksud tapi ini angkutan tak keliatan yg ada hanyalah angkot semacam kol kuning dan tukang ojek.Sempat di tanyain sama tukang ojek mau ke mana.Tujuan kita dari Terminal banyu angga adalah ke cemoro lawang .Ketika menyebut cemoro lawang si tukang ojek agak kaget dan kita lebih kaget dengan tariff yang ditawarkan yaitu 100 ribu per org mahal amat .Dan akhirnya kita tak ambil ojek itu walaupun masih kebingungan mau naik apa ke cemoro lawang.Dan akhirnya ada bpk2 bilang mobilnya ada di depan sana mb ikut sama bpk itu.Dan akhirnya kita nemu juga yg di msksud sama bison/elf.Dalam hati merasa lega akhirnya dapat angkot untuk ke cemoro lawang.Karena bison belum penuh kita nunggu dulu di warung makan sambil pesen soto dan air minum.
       Bison ini nunggu penumpang sampai batas muatnya yaitu 15 org tapi lama nunggu gk ada tambahan org juga akhirnya kita berangkat orang seadaanya tapi ongkosnya nambah kalau normalnya 30.000 jadi 50.000 per org.Didalam angkot ini ada 11 org yang akan ke bromo dan 1 org sopir & 1 org kernet.Dan untungnya pak kernet ini nawarin utk penginapan dan jeep yang akan di pakai besok pagi.Emang kita berempat Cuma nekad aja ke bromo rencananya nanti cari aja penginapan dan jeepnya kalau sudah sampai cemoro lawang.Sepanjang perjalanan Wahyu dan Tias masih nego utk harga penginapan dan jeep dan mendengarkan bujuk rayu dari kernet dan kemungkinan calo jeep dan penginapan.Sedangkan aku dan Meti Cuma mendengarkan dari kejauhan dan hitung2 serta mencerna ap yang pak kernet bilang.Akhirnya mereka deal utk jeep seharga 600.000 utk 6 org.Karena di bison ini ada 2 org lagi yang juga gk belum dapat jeep jadi kita gabung jadi satu.Untuk penginapan kita liat dulu tempatnya sedangkan yang 2 org katanya mau nge camp aja di sna karena sudah bawa perlatan.Lebih dari satu jam berlalu setelah melewati tanjakan dan belokan entah berapa kali karena jalan mlem Cuma kerasa belokanya aja sedangkan penampakannya Cuma gelap dan langit yang bertabur Bintang.Sepertinya pak sopir sudah begitu apal dengan jalan serasa pembalap wusss wussss trus sampai dech di cemoro lawang.
     Setelah turun dari jeep pak kernet tadi menuntun kita di sebuah rumah,yach penginapan disini modelnya homestay.Karena wahyu sepertinya pusing akhirnya dy tinggal di mobil dan ak sama Tias yang turun utk lihat penginapan.Kita tiba di sebuah rumah disini ada satu ruangan dengan 4 bed dan satu kamar mandi dalam dan yang punya rumah bilang 400.000 untuk 6 org.Haaaahh 6 org bukannya kita Cuma berempat.Sempat bingung disini yang dimaksud ber 6.Ber 6 sama 2 cowok yang baru dikenal satu rumah tanpa sekat.Merasa tak nyaman dan nego harga pun gk bisa akhirnya aku kembali ke tempat wahyu dan bilang kurang nyaman.Dan ini mereka berdua gk jadi nge camp mau ikut sewa penginapan sekalian.Dan akhirnya kita di bawa ke rumah yg lainya lagi sama pak kernet tadi.Rumah ini lumayan daripada tempat yang tadi walaupun bednya Cuma dua tapi yang satu ada sekatnya (ruangan sendiri)jadi satu rumah 2 kamar satu kamar mandi dan harganya 300.000/6 org untuk satu malam.Well walaupun kita sama 2 cowok yang baru di kenal (eh belum jadi kenal) dalam satu rumah setidaknya ada 2 kamar jadinya agak privasi dikit.Setelah deal akhirnya kita masuk ke rumah itu dan di sambut dengan teh anget jam dibuatkan oleh pemilik rumah.Dan akhirnya kitapun mulai berkenal dengan rombongan baru kita 2 cowok yang datang dari Klaten namanya Yudi dan Yoyok.Dan setelah ngobrol-ngobrol bentar sambil bongkar-bongkar tas dan cuci muka kita putuskan utk keluar nikmati suasana malem cemoro lawang sambil cari pop mie.Teryata udaranya bener-bener dingin.Karena gelap kita tidak dapat pemandangan apa2 pling cuma org jualan.Setelah dapat pop mie kita kembali ke penginapan.Teryata mereka berdua memang berencana nge camp sudah komplite bawaanya bawa kompor dan gas jadinya kita tgl manasin air buat bikin pop mie.Setelah selesai makan kita putuskan utk tidur kecuali badan capek semalem di kereta dan seharian dari malang naik turun angkot kita juga janjian sama jeep akan dibangunkan sama sopirnya jam 3 pagi.Jadi kita harus siap-siap sebelum itu.Dan akhirnya kita pake bed yang ada di luar karena lebih besar sedangkan mereka berdua pake bed yang ada di kamar karena lebih kecil.Dan mereka memang baik tahu kita kekurangan selimut dan mereka dengan rela kasih selimut mereka (dapat selimut tetangga) karena mereka bilang bawa sleeping bag.
"Selamat Datang Di Kawasan Wisata Bromo"
"Genk Beneran Siap Jelajah Bromo" 
"Sebelum Jelajah Bromo Mari Kita jelajah Mimpi Dulu"
Dan akhirnya malam pun telah berlalu kita benar-benar tetidur lelap sampai ak terbangun dan bertanya jam berapa.Teryata sudah jam 03:00 tapi bapaknya yg bilang mau bangungin belum datang di luar terdengar suara jeep yang rame yang sudah mulai ngantri pintu masuk untuk pergi ke penanjakan.Dan ketika kaki nginjak lantai….awwwwww…dinginya seperti nginjak es batu.Dan air yang di kamar mandi tak kalah dinginya stelah kita siap-siap kita naik ke menuju ke penanjakan.Ak dan Meti duduk di samping pak sopir yang mengendarai jeep.Karena ini week end banyak wisatawan yang berlibur ke Bromo.Ini terlihat juga dari antrian jeep yang memanjang.Karena ak duduk di depan jadinya ak liat medan yang di lalui Cuma kelihatan gelap dan ada beberapa motor didepan yg tidak jalan karena terjebak di jalanan berpasir.Dalam pikiranku ini jalan serasa di hutan jadi adajalan setapak trus para pak sopir ini sudah hafal dengan jalanan ini karena gelap beneran gk liat apa2 pling Cuma jalan yng didepan pas.Sekitar 20 mnit berlalu melewati tanjakan yang bener-bener tinggi dan antrian beberapa jeep yang spertnya sudah sangat hafal dengan medan ini.Akhirnya kita menepi kita sudah sampai di penanjakan kita harus jalan kaki naikin sebuah bukit.Pak sopir Cuma bilang nanti jam 6 harus sudah di jeep biar gk ngatri untuk ke kawab Bromo.Setelah mendengar itu kita bergegas naik ke bungkit tidak memerlukan waktu lama sekitar sepuluh menit kita sampai di atas bukit.Dan disini sudah banyak org entah mereka sedang ngatri apa….jelas-jelas ngantri liat sunrise.Karena masih begitu pagi suasana pun masih gelap Cuma hiruk pikuk org yang berebut tempat ke depan padahal depan ada apa juga gk keliatan.Lambat laun matahari mulai memancarkan sinanrya dan akhirnya di depan kita ada penampakan sebuah pemandangan yang benar-benar kereen.Gunung batok yang berselimut  kabut dan puncak semeru yang ada di ujung sana bener-bener pemandangan yang setimpal dengan perjuangan kita kesini menembus dingin.Dan tak terlewatkan kita mengabadikan moment ini dengan jepret sana jepret sini.Dan sungguh beruntung kita bertemu dengan 2 cowok ini karena mereka bisa jadi potografer dan bodyguard kita…wkakakakkakA.Setidaknya kita banyak mempuyai poto berempat.
"menembus kegelapan menuju pucuk penanjakan"
"ini pada ngapain sich ya liat kegelapan ?"
"Sang Surya mulai memecah kegelapan"
 "Sunrise yang di tunggu dan di kejar"
"Dan inilah yang paling wowww"

"Dari Penanjakan Cusss kita mendekat ke kawah Bromo"

    Dan tak terasa teryata waktu sudah jam 6 penanjakan ini pun sudah sepi semuanya sudah bergegas untuk mendekat ke Gunung Batok dan Kawah Bromo.Pemandangan waktu menuju ke bawah pun tidak kalah kerenya kabut yang belum ilang seutuhnya bener-bener keren.Sampai di bawah kita diturunkan diparkiran jeep di sekitar pura kemudian kita berjalan menuju Kawah Bromo.Jalanya lumayan jauh melewati  lautan pasir kemudian menaiki tangga yang harus sabar mengatri.Untuk sampai ke tangga kita bisa menyewa jasa kuda jadi tidak heran kalau kita jalan kaki kita harus berhadapan dengan debu dan berpapasan dengan Kuda.Dan disini si wahyu teryata sakit perut dia jalan begitu lamban seperti org tak bersemangat.Dan dengan semangat 45 ak duluan berharap Wahyu termotivasi utk cepat menyusul.Tapi rencana tak sesuai dengan kenyataan yang ada aku di depan sendiri sudah sampai puncak dan mereka masih meniti anak tangga.Sampai di atas kita tak berlama-lama karena tempat yang ramai kita segera turun kecuali ramai kita juga harus mengejar kereta.Dan perjalanan ke jeep pun masih sama si Wahyu masih sakit perut.Dan teryata kita sempat kebingunngan nyari jeep karena begitu banyak jeep yang terpakir.Akhirnya ak berpencar si Wahyu tak suruh nunggu dulu nanti kalau ketemu baru ke Jeep seingatku mobilnya wara hijau sudah berjalan jauh teryata aku malah yang menghilang dan mereka sudah ketemu dengan jeepnya.Jeepnya berubah jadi warna merah karena sesuatu hal.Pantesan tak cari gk temu-temu sudah berubah.Saat perjalanjaan pulang ke penginapan aku baru nyadar yang tak kira tadi pagi hutan teryata padang pasir yang tak bertepi…wkakakkakaka.Banyangan jauh sekali dengan kenyataan.Dan teryata penginapan kita bener-bener deket dengan Kawah Bromo.Karena di belakang genteng sudah kelihatan Gunung Batok tadi malam tidak kelihatan karena gelap.Sampai di penginapan kita bergegas packing dan cuss nyari bison kita berasa terburu-buru sampai tak sempat mandi karena takut ketinggalan kereta.



 " kawah bromo"

    Dan kita sampai dipangkalan bison dan si bison masih mangkal lamo sekali nunggu 15 org sampai ak sama wahyu kayak kernet diluar bison nyari penumpang.Sebennya bediri doang di deket pak kernet.Alasan utama gk masuk bison sebenernya enek disana lama-lama mabuk makanya ak pilih diluar sampai nanti bison bener2 siap jalan.Setelah menunggu lebih dari 30 menit akhirnya 15 org terkumpul dan kita berangkat.Di Bison berasa nyasar ke planet lain disini kumpulan bule Australi ketemu bule belanda apa inggris lagi ngobrol dimana ak gk ngerti mereka ngomong apa.Dan sepanjang perjalanan bener-bener gk bisa nahan ngantuk karena bison berjalan begitu lambat.Dan lagi-lagi terkejut dengan jalan di lewati semalem waktu naik ke bromo Cuma keliatan gelap dan sekarang baru keliatan kalau kanan dan kiri itu tebing dan jurang yang begitu tinggi,Huaaa super dupeeer dachhhh.Di Bison bener-bener pernuh ke was-wasan karena harus mengejar jam kereta berangkat jam 11.00.Dan ini bison berhentinya di terminal bukan di stasiun jadi kita nanti harus nyari angkot itupun kalau angkotnya langsung dapet kalau enggak.Dan karena waktu sudah mepet kita nego sama kernetnya minta dianterin sekalian ke stasiun dengan nambah 10.000 per org,jadi kita bayar bison 40.000/org dari cemoro lawang sampai ke stasiun Probolinggo.Dan akhirnya tak sampai 10 menit sampai di stasiun kereta Sri tanjung pun datang.Huaaa keberuntungan yang bener-bener menyertai coba telat 15 menit saja pasti kita sudah kelimpungan nyari angkutan utk kembali ke Jogja.Dari Stasiun Probolinggo kita tinggal duduk saja sampai pegel sampai berhenti di Lempunyan.Dan Setelah berjam-jam di kereta sekita pukul 19.00 kita sampai juga di Lempuyangan dan berakhirlah cerita mengejar dan di kejar waktu.
     Liburan ini bener-bener liburan yang bolang dan penuh keberuntungan.Bermodal dari goggling dan kepo sna kepo sini akhirnya sampai juga di Malang dan Bromo dengan biaya lumanyan murah total per org habis 486.000 sudah PP Jogja Malang Bromo Makan Akomondasi dan lain-lainya.Muter-muter ke kota org naik turun angkot dimana kita belum pernah kesini sama sekali dan tak ada org yang kita kenal .disini



1 komentar:

  1. saya paling suka dengan kata2 di atas, dan inilah yang paling wowwww,. anu anu gimana gitu sist

    BalasHapus